Senin, 06 Juli 2015

Cara Penentuan RTH berdasarkan NDVI dari Citra SPOT-6



Penyiapan Data Citra SPOT-6
Perlu diketahui bahwa Citra SPOT-6 merupakan salah satu citra yang tidak gratis. Oleh karena itu harus membeli terlebih dahulu (kalau bisa ya minta saja)
Melakukan Proses Pan-Sharpening
Citra RGB SPOT-6 Multispektral (resolusi citra: 6 m) dengan zoom scale 1 : 5000
Citra Pancromatic (resolusi citra: 1.5 m)

Proses Pan-Sharepening ini dilakukan pada aplikasi ArcGIS 10.
Klik kanan pada layer lalu pilih propertis. Sehingga muncul gambar seperti di bawah ini
Citra SPOT-6 hasil Pan-sharpening (resolusi citra: 1.5 m)


Menentukan Nilai Reflektan
Membuka file citra dengan format *.tif, dengan mengklik simbol Algoritm pada ER Mapper akan muncul gambar berikut.
 
Menentukan nilai reflektan dengan membuat algoritma seperti  ( if i1= -32768 then null else i1/10000 ). Karena sebelumnya nilai reflektansi citra oleh PUSDATA dikalikan dengan 10000 dengan maksud untuk memudahkan dalam penyimpanan data. Hal ini tak perlu dilakukan jika citra hasil download sendiri.

Mendefinisikan pada masing-masing layer dengan algortima yang telah dibuat tersebut dan menentukan band pada masing-masing layer. Kegiatan ini bisa disebut (Layer Stacking) .
Proses melakukan penyimpanan dengan mengisi pada nama kolom “Output Type” diisi dengan “Multi Layer”, untuk “Data Type” diisi dengan “IEEE4ByteReal”, dan “Null Value” diisi dengan nilai angka nol. Lalu klik “OK” dan menentukan lokasi penyimpanan file.
Membuka file dengan file yang telah disimpan pada proses sebelumnya.
Pada colom tersebut dapat dilakukan pemberian beberapa algortima, salah yang dilakukan dapat dilakukan dengan pemberian algoritma NDVI. Algoritma tersebut adalah
NVDI =(i1-i2)/(i1+i2)     => untuk SPOT 6
Dengan ketentuan :
i1 adalah band NIR
i2 adalah band Red
Menentukan band dengan menentukan NIR pada kolom 1 dan red pada kolom 2 
Setelah selesai melakukan algoritma NDVI maka akan dilakukan penyimpanan file.
Membuat Threshold nilai kerapatan kehijauan
Pada tahap ini, dilakukan penentuan nilai kerapatan vegetasi dengan menggunakan nilai digital number vegetasi lebih dari 0,375. Rumusnya dapat ditulis sebagai berikut
Algoritma : if i1>0.375 then i1 else null
Reklasifikasi pada tingkat kehijauan
Pada file penyimpanan citra dengan batasan nilai digital number tersebut selanjutnya menggunakan aplikasi ArcGIS. Dengan aplikasi ini diharuskan untuk membuat klasifikasi ulang (reclassify) yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya menggunakan ERMapper 7.1. Berikut adalah langkah – langkahnya:
Membuka file citra hasil penyimpanan dengan ketentuan batasan digital number pada proses sebelumya.
Melakukan export data, Klik kanan pada layer pilih “Data” – “Export data”. Pada proses ini berguna untuk menentukan batasan nilai digital number yang telah ditentukan sebelumnya. Lalu klik “Save”.  

Dari proses tersebut maka akan muncul data baru. Pada data yang telah dilakukan “Export data”, terlihat nilai (high dan low value) sudah sesuai batasan dari yang telah dibuat sebelumnya yaitu dengan batasan 0,375 – 1.
Proses Reclassify untuk mendapatkan data dengan jenis nilai spectral yang sama. Dari beberapa nilai yang berada pada rentang 0,375 – 1 maka akan dilakukan pengkelasan ulang sehingga menjadi satu kelas atau merge. Dengan demikian, jelas bahwa kelas RTH atau kerapatan vegetasi dari rentang nilai tersebut dianggap menjadi satu kesatuan.

  
Mengubah Raster ke Vektor
Karena data yang digunakan pada proses pengolahan sebelumnya adalah data raster maka perlu dijadikan menjadi data poligon agar kita dapat menghitung luas ruang terbuka hijau tersebut. Pada tools “search” ketik “Convert” lalu pilih “Convert to Polygon”. Tentukan lokasi penyimpanan dan pada kata “Simplify polygon (optional)” di Uncheck. Lalu klik OK.
Penyeleksian poligon
Pada penyeleksian poligon dapat dilakukan dengan manual yaitu penyeleksian dengan melihat atau interpretasi daerah. Banyak data yang mengalami kesalahan, data tersebut adalah kesalahan pada rona yang merupakan bayangan dari beberapa gedung dan kesalahan gambar pengambilan citra.

Semoga bermanfaat . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar