Jumat, 04 Agustus 2017

I’m Geomatics (Geodesy) Engineer

Geomatika, menurut Wikipedia adalah sebuah istilah ilmiah modern yang berarti pendekatan yang terpadu dalam mengukur, menganalisis, dan mengelola deskripsi dan lokasi data-data kebumian, yang sering disebut sebagai data spasial. Data-data ini berasal dari berbagai sumber, antara lain satelit-satelit yang mengorbit bumi, sensor-sensor laut dan udara, dan peralatan ukur di daratan. Data tersebut diolah dengan teknologi informasi mutakhir menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Di Indonesia sendiri, khususnya jenjang S1, hanya kampus ITS Surabaya saja yang menggunakan istilah Teknik Geomatika. Lalu bagaimana dengan kampus lain?

Nah, istilah geomatika (geomatics) dimunculkan tahun 1969 oleh B. Dubuisson yang pertama kali digunakan di negara Kanada. Secara umum geomatika diartikan sebagai "Hunter and Gatherer" atau "mengumpulkan dan menggabungkan" termasuk alat dan teknik yang digunakan dalam pengukuran tanah (land surveying), pengunderaan jauh GIS, GPS, dan hal lain yang terkait dengan pemetaan permukaan bumi.

Geomatika mempunyai aplikasi dalam semua disiplin yang berhubungan dengan data spasial, misalnya studi lingkungan, perencanaan wilayah dan kota, kerekayasaan, navigasi, geologi & geofisika, dan pengelolaan pertanahan. Oleh karena itu geomatika sangat fundamental terhadap semua disiplin ilmu kebumian yang menggunakan data spasial, seperti ilmu ukur tanah, penginderaan jauh (foto udara atau dengan gelombang elektromagnetik), kartografi, sistem informasi geografik (SIG), dan global positioning system (GPS).

Jika pernah mendengar istilah Geodesi, makan istilah geomatika tidak jauh berbeda dengan d istilah Geodesi. Namun disini istilah Geomatika muncul karena menggunakan ilmu pengetahuan berbasis komputer dalam analisisnya. Dalam pengertian istilah, seharusnya perbedaan geodesi dan geomatika hanya pada ruang lingkup keilmuannya saja. Geomatika merangkul geodesi di dalamnya. Akan tetapi, beberapa kampus PTN di Indonesia beberapa menggunakan istilah Teknik Geodesi, hanya ITS Surabaya saja yang nyleneh menggunakan nama Teknik Geomatika.

Meskipun berbeda nama, secara umum bidang yang dipelajari sama (bukan berarti yang namanya Teknik Geomatika lebih modern dari Teknik Geodesi ya). Selama ini yang aku tahu, baru beberapa kampus saja yang membuka jurusan Teknik Geomatika (atau Geodesi). Berikut adalah nama kampus dan nama jurusannya.

Daftar jurusan Teknik Geomatika di PTN & PTS Indonesia
Jurusan Geodesi/Geomatika yang ada di PTN di indonesia :
1. Teknik Geomatika ITS
2. Teknik Geodesi UGM
3. Teknik Geodesi & Geomatika ITB
4. Teknik Geodesi & Geomatika UNDIP
5. Teknik Geomatika SV UGM
6. Teknik Geodesi & Geomatika ITERA
7. Teknik Geodesi UNILA
Jurusan Geodesi/Geomatika yang ada di PTS di indonesia :
1. Teknik Geodesi ITENAS
2. Teknik Geodesi ITP
3. Teknik Geodesi ITN
4. Teknik Geodesi UNPAK

Kalau penulis sendiri, merupakan alumni Teknik Geomatika ITS gan.
                                                Hanya info sih, gak dibaca juga boleh :D


Sumber
·         http://geomatika.its.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar