Sabtu, 27 Juni 2015

(Mencoba) Memandirikan Diri



Mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit di atas masyarakat. Masa-masa ini merupakan jenjang kehidupan manusia yang paling optimal dalam akselerasi kebangkitan masyarakat.
Proses kehidupan menjadi mahasiswa ini telah aku jalani, setidaknya dalam waktu 3 tahun, tentu pemikiran untuk mandiri mulai muncul. Posisi kasur kos yang jauh dari orang tua serta kebebasan mengatur jadwal sendiri mendorong niat untuk memadatkan jadwal agar memperoleh ilmu baru di bidang softskill disamping kemampuan hardskill. Tahun pertama saya lewati dengan mengikuti kaderisasi (sejenis ospek tapi bukan ospek). Pada tahun kedua dan ketiga mulai menambah pengalaman dengan aktif organisasi dan mengikuti kegiatan yang menghasilkan tambahan finansial bagi kehidupan mahasiswa saya seperti menjadi surveyor di beberapa proyek PT Nokia Here Maps karena pekerjaannya tidak jauh dengan jurusan yang saya geluti, Teknik Geomatika ITS.
Kemandirian yang pertama ialah kemandirian menyesuaikan waktu untuk akademik, kegiatan organisasi, dan kerja part time dengan jangka waktu tertentu. Alhamdulillah dengan kemandirian waktu tersebut sedikit demi sedikit membantu dalam hal kemandirian finansial. Nilai IPK bidang akademik yang lumayan membuatku mendapat beasiswa yang dapat digunakan sebagai biaya pembayaran SPP semester, kegiatan organisasi mampu menambah kemampuan managerial dan menambah link, serta gaji kerja parttime yang dapat digunakan untuk biaya akademik maupun kehidupan sehari – hari yang mendadak, meskipun tidak terlalu sering dapat project.
Mahasiswa itu identik dengan sosok yang sudah dewasa, sehingga naluri untuk mandiri secara ekonomi pastinya ada. Nah, tahun keempat (semoga menjadi tahun terakhirku di jenjang S1), tentu ada keinginan tambahan dimana benar – benar mandiri finansial utamanya dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari selama perkuliahan. Diharapkan dengan memasuki tahun keempat ini menjadikanku mahasiswa yang dapat mandiri secara finansial, dimana pemenuhan kebutuhan sehari – hari tercukupi melalui pendapatan yang diperoleh sendiri. Bismillah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar